Tips Mengatasi Grogi Ketika Berbicara Di Depan Umum

Mahasiswa tidak pernah lepas dari yang namanya laporan dan makalah. Yang lebih seru lagi makalah dan laporan itu harus dipresentasikan di depan dosen dan mahasiswa yang lain. Belum lagi pada saat sidang tugas akhir atau skiripsi di depan penguji, bisa mandi keringat. Banyak diantara mahasiswa yang biasanya lancar berbicara sehari-hari begitu berada di depan ruang kuliah jadi gagu. Semua pandangan audiens tertuju kepada pembicara. Tatapan mata para audiens ini sering membuat pembicara jadi panik, gemetar, grogi dan hasilnya presentasinya berantakan.

Memang berbicara di depan orang banyak bukanlah suatu hal yang mudah. Rasa takut yang sering menjadi kendala dalam melakukan presentasi di depan orang banyak memang lumrah. Apalagi yang baru menempuh bangku perkuliahan. Tapi jika setelah menjadi mahasiswa masih belum berani di depan publik, bisa turun reputasi seorang mahasiswa. Alhasil tidak dipercaya masyarakat atau masyarakat menyebutnya mahasiswa-mahasiswaan.

Untuk menghindari hal tersebut mari kita melatih diri berbicara di depan publik. Berikut ini akan kita uraikan tips menghindari atau mencegah terjadi hal tersebut saat kita berbicara di depan orang banyak.

1. Sadari bahwa orang lain akan merasakan hal yang sama ketika ada di posisi Anda. Mungkin hari ini adalah giliran Anda besok adalah giliran mahasiswa yang berikutnya. Jadi jangan biarkan orang-orang yang menonton tersebut membuat Anda panik.

2. Bicaralah dengan tenang, walaupun grogi jangan biarkan kepanikan membuat Anda berbicara terburu-buru. Karena jika Anda terburu-buru risiko slip tounge sangat besar terjadi, dan pasti hanya akan membuat Anda terlihat konyol.

3. Pelajari benar topik yang akan Anda bicarakan. Kuasai topik-topik menarik yang mungkin akan menjadi pertanyaan bagi audiens. Semakin dalam pemahaman Anda terhadap topik, maka kepercayaan diri akan semakin besar. Anda akan semakin mantap dalam berbicara.

4. Jika Anda merasa sangat panik sampai-sampai tidak ada suara yang keluar dari mulut, tariklah nafas panjang, rilekskan diri Anda sesaat.

5. Buka mulut Anda lebar-lebar saat berbicara, agar suara yang dihasilkan jelas, dan berbicaralah selantang mungkin. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda memiliki kepercayaan diri, dan membuat orang yang mendengar yakin dan percaya dengan omongan Anda.

6. Beristirahatlah pada tiap-tiap jeda topik, jangan terburu-buru. Usahakan untuk tidak terlalu banyak mengunakan pengulangan kata, seperti "jadi", "nggg" dan sebagainya.


Saya juga sedang belajar nih untuk tidak grogi, yang pasti berani bicara di depan umum dulu...Semakin sering kita berbicara di depan umum semakin lama akan semakin bisa..


Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.