Sukses Bukanlah Suatu Kebetulan

Seseorang mendekati Andrew Carnegie, miliuner baja terkaya di Amerika Serikat pada zamannya, ia menawarkan sebuah formula sederhana yang pasti dapat meningkatkan kejayaan Mr. Carnegie. Tidak tanggung-tanggung, ia meminta imbalan 100.000 US dollar. Mr Carnegie menyetujui permintaannya asalkan terbukti berhasil. Setelah menggunakannya selama sebulan, ternyata Mr. Carnegie mengakui walaupun sangat sederhana formula itu khasiatnya begitu ampuh. Ia pun tanpa menawar langsung membayar dengan harga penuh. Penasaran, sehebat apakah formula itu?


Ternyata formula itu hanya memintanya untuk menuliskan sebelum tidur tentang lima hal penting yang ingin ia kerjakan keeseokan harinya dengan berurut sesuai dengan prioritas pentingnya tugas itu. Setelah itu, ia harus berkomitmen untuk mengambil tindakan-tindakan besar demi mewujudkannya dimulai dari prioritas yang utama. Dan jika ia hanya mampu menyelesaikan tiga tugas, berarti dua tugas yang belum tuntas harus ia lanjutkan pada hari berikutnya ditambah dengan tugas baru. Saya yakin Mr. Carnegie bukanlah seorang yang bodoh yang rela membayar sebuah ide seharga 100.000 US dolar, jika ia tidak sungguh-sungguh mendapatkan keuntungan.


Ingatlah kesuksesan yang terjadi dalam hidup seseorang bukan suatu kebetulan, melainkan hasil dari setiap keputusan yang dibuat setiap harinya. Pilihlah keputusan-keputusan yang mengarah pada tindakan, dan tuntaskanlah apa yang menjadi tugas Anda setiap hari.


Waktu tidak dapat diatur, yang dapat diatur hanyalah prioritas. Orang-orang sukses adalah mereka yang mampu menetapkan prioritas utama setiap harinya dan mengambil tindakan dengan memusatkan perhatiannya untuk menuntaskannya.


Orang-orang gagal adalah mereka yang mengerjakan prioritas namun yang merka pilih adalah prioritas termudah, ter-enak dan sering kali tidak penting.


Ambilah tindakan yang besar tiap hari untuk mewujudkan lima prioritas terpenting dalam hari itu. Jangan mudah menyerah, usahakan menyelesaikan apa yang telah anda rencanakan dan bertanyalah pada diri anda apakah anda produktif dalam hari itu?


(Darmadi Dharmawangsa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.